JURUSAN BIOLOGI UNG FMIPA, BEKERJA SAMA DENGAN HIMPUNAN JURUSAN BIOLOGI (HMJ-BIO) MELAKSANAKAN KEGIATAN ANJANG SANA DI PANTI ASUHAN AL-AMANAH

Oleh: Elya Nusantari . 12 Mei 2019 . 09:00:00

Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadhan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:

‏ “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

 

Di bulan yang penuh berkah, cinta kasih dengan berbagi terhadap sesama, merupakan hal yang tentu sangat menyejukkan jiwa, karena disitulah hakekatnya kebahagiaan jiwa dengan saling berbagi terhadap sesama makhluk ciptaan Tuhan. Kebahagian yang diharapkan bukan hanya sekedar bersifat induvidualistik namun secara sosial kebahagiaan tersebut bisa dicapai dengan saling berbagi.

Momentum di bulan penuh dengan rahmat, cinta dan kasih sayang, Jurusan Biologi FMIPA dan Himpunan Jurusan Biologi (HMJ-Bio) FMIPA UNG Menggelar melaksankan Anjang sana di panti asuhan AL-AMANAH dengan berbagi santunan kepada anak yatim, sebagai bentuk rasa cinta dan berbagi kepada sesama. meski acara tersebut, di adakan secara sederhana, namun cukup penting untuk di ambil hikmahnya, mengingat hal tersebut hakekatnya tidak hanya bisa di lakukan di bulan suci, namun dibulan yang lain, hal itu pun juga patut untuk di lakukan.

Agenda

31 Juli 2021

Workshop Pengembangan Website

Workshop pengembangan website Fakultas Matematika dan IPA

22 - 23 Februari 2018

Visitasi Borang Akreditasi Prodi Pendidikan IPA

Tim Taks Force optimis akreditasi prodi IPA beroleh hasil yang baik