Hidup Sehat Dengan Lingkungan Bersih

Oleh: Nurrijal . 9 Juni 2016 . 14:50:00

Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 1972 oleh seorang senator Amerika Serikat Gaylord Nelson. Gylord Nelson menyaksikan betapa kotor dan tercemarnya bumi oleh ulah manusia, maka ia mengambil prakarsa bersama dengan LSM untuk mencurahkan satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari kerusakan. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan di bawah koordinasi United Nations Environment Programme (UNEP). Hari Lingkungan didasarkan dari Konferensi PBB mengenai Lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm, sehingga tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Indonesia juga ikut terlibat dalam konferensi tersebut dengan hadirnya Prof. Emil Salim yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Bappenas.Hari Lingkungan Hidup Sedunia bersifat lebih resmi dan diperingati oleh masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia. Hal ini berarti bahwa mahasiswa juga merupakan salah satu bagian yang semestinya ikut serta dalam kegiataan ini. Mengingat salah satu tujuan mahasiswa yaitu sebagai agen perubahan. Mahasiswa harus mampu melakukaan perubahan pada lingkungan hidup yang semakin hari semakin tercemar oleh aktifitas manusia baik secara sadar maupun tidak sadar. Lingkungan merupakan bagian terpenting bagi kehidupan, sehingga semua komponen yang ada di lingkungan harus dijaga dengan baik agar keseimbangan hidup berjalan dengan normal. Mengingat masalah-masalah yang terjadi saat ini membuat kami mahasiswa khususnya dari Program studi Pendidikan IPA, tergerak untuk berpartisipasi dalam peringatan hari lingkungan hidup dengan mengadakan beberapa kegiatan.Kegiatan yang akan kami lakukan berkaitan dengan Hari besar Lingkungan Hidup yaitu berupa membersihkan daerah pesisir pantai. Pembersihan daerah pesisir pantai dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi penumpukan sampah di daerah pesisir pantai sehingga dapat menjaga kelestarian ekosistem pantai.Pembersihan Sampah juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai sehingga pembersihan pantai akan terus dilakukan secara kontinyu. Pantai merupakan daya tarik utama wisata dari Indonesia, oleh karena itu, pantai memiliki tingkat pencemaran yang tinggi. Terutama di hari libur sekolah, hari libur nasional, hari raya dan lain lain.

Tujuan Pelaksanaan kegiatan ini adalah:

  1. Sebagai wadah komunikasi guna mendukung kelestarian Lingkungan hidup. Menanamkan persepsi positif tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup untuk kepentingan bersama.
  2. Meningkatkan kesadaran bagi siapa saja dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan perhatian pemerintah diberbagai negara dalam mengatasi masalah lingkungan.

Agenda

31 Juli 2021

Workshop Pengembangan Website

Workshop pengembangan website Fakultas Matematika dan IPA

22 - 23 Februari 2018

Visitasi Borang Akreditasi Prodi Pendidikan IPA

Tim Taks Force optimis akreditasi prodi IPA beroleh hasil yang baik